Mengasah Pemahaman Keberagaman Budaya Bangsaku: Contoh Soal Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2

Indonesia, dengan kekayaan alam dan budaya yang melimpah, merupakan negara yang unik dan mempesona. Keberagaman suku, bahasa, adat istiadat, dan agama menjadi ciri khas yang membedakannya dari negara lain. Pemahaman akan keberagaman ini penting ditanamkan sejak dini, salah satunya melalui pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.

Tema 7 untuk kelas 4, "Indahnya Keragaman di Negeriku," mengajak siswa untuk menjelajahi dan menghargai berbagai aspek keberagaman yang ada di Indonesia. Subtema 2, "Indahnya Keragaman Budaya Bangsaku," secara khusus fokus pada kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia, mulai dari pakaian adat, rumah adat, tarian daerah, lagu daerah, hingga makanan tradisional.

Artikel ini akan menyajikan contoh soal Tematik kelas 4 tema 7 subtema 2 yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang keberagaman budaya Indonesia. Soal-soal ini akan mencakup berbagai aspek, mulai dari pengetahuan dasar hingga kemampuan analisis dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini juga akan memberikan pembahasan singkat untuk setiap soal, sehingga siswa dapat memahami konsep yang mendasarinya.

A. Pilihan Ganda

    Mengasah Pemahaman Keberagaman Budaya Bangsaku: Contoh Soal Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2

  1. Rumah adat Honai berasal dari provinsi…
    a. Sumatera Barat
    b. Papua
    c. Sulawesi Selatan
    d. Jawa Tengah

    Pembahasan: Rumah adat Honai merupakan rumah tradisional suku Dani yang berasal dari Papua. Jawaban: b

  2. Tari Saman berasal dari daerah…
    a. Bali
    b. Aceh
    c. Jawa Barat
    d. Kalimantan Timur

    Pembahasan: Tari Saman merupakan tarian tradisional yang berasal dari Aceh dan terkenal dengan kekompakan gerakannya. Jawaban: b

  3. Berikut ini yang bukan merupakan contoh pakaian adat adalah…
    a. Ulos
    b. Kebaya
    c. Batik
    d. Jeans

    Pembahasan: Ulos adalah kain tradisional dari Sumatera Utara, Kebaya adalah pakaian tradisional Indonesia, dan Batik adalah kain bermotif khas Indonesia. Jeans merupakan pakaian modern yang berasal dari luar negeri. Jawaban: d

  4. Lagu "Apuse" berasal dari daerah…
    a. Maluku
    b. Papua
    c. Sulawesi Utara
    d. Nusa Tenggara Timur

    Pembahasan: Lagu "Apuse" merupakan lagu daerah yang berasal dari Papua. Jawaban: b

  5. Makanan tradisional yang terkenal dari Yogyakarta adalah…
    a. Rendang
    b. Gudeg
    c. Pempek
    d. Nasi Tumpeng

    Pembahasan: Gudeg adalah makanan tradisional khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu. Jawaban: b

  6. Alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul adalah…
    a. Gitar
    b. Angklung
    c. Gamelan
    d. Seruling

    Pembahasan: Gamelan merupakan seperangkat alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Jawaban: c

  7. Contoh perilaku yang mencerminkan sikap menghargai keberagaman budaya adalah…
    a. Mengejek budaya daerah lain.
    b. Hanya menyukai budaya sendiri.
    c. Mempelajari dan menghargai budaya daerah lain.
    d. Menganggap budaya sendiri paling baik.

    Pembahasan: Menghargai keberagaman budaya berarti menghormati dan mempelajari budaya daerah lain. Jawaban: c

  8. Tari Kecak berasal dari daerah…
    a. Sumatera Barat
    b. Bali
    c. Jawa Timur
    d. Kalimantan Selatan

    Pembahasan: Tari Kecak merupakan tarian tradisional yang berasal dari Bali dan terkenal dengan suara "cak cak cak" yang dihasilkan oleh para penari. Jawaban: b

  9. Rumah adat Tongkonan berasal dari daerah…
    a. Sumatera Utara
    b. Sulawesi Selatan
    c. Kalimantan Barat
    d. Nusa Tenggara Barat

    Pembahasan: Rumah adat Tongkonan merupakan rumah tradisional suku Toraja yang berasal dari Sulawesi Selatan. Jawaban: b

  10. Berikut ini yang merupakan contoh lagu daerah adalah…
    a. Indonesia Raya
    b. Garuda Pancasila
    c. Rayuan Pulau Kelapa
    d. Happy Birthday

    Pembahasan: Rayuan Pulau Kelapa merupakan lagu daerah yang berasal dari Maluku. Jawaban: c

B. Isian Singkat

  1. Rumah adat Joglo berasal dari daerah __.
    Jawaban: Jawa Tengah

  2. Tari Piring berasal dari daerah __.
    Jawaban: Sumatera Barat

  3. Pakaian adat Bundo Kanduang berasal dari daerah __.
    Jawaban: Sumatera Barat

  4. Alat musik tradisional Sasando berasal dari daerah __.
    Jawaban: Nusa Tenggara Timur

  5. Makanan tradisional Pempek berasal dari daerah __.
    Jawaban: Sumatera Selatan

C. Uraian

  1. Sebutkan 3 contoh pakaian adat yang kamu ketahui beserta asal daerahnya!
    Jawaban:

    • Ulos (Sumatera Utara)
    • Kebaya (Jawa)
    • Baju Bodo (Sulawesi Selatan)
  2. Mengapa kita harus menghargai keberagaman budaya yang ada di Indonesia? Jelaskan!
    Jawaban: Kita harus menghargai keberagaman budaya di Indonesia karena:

    • Keberagaman budaya merupakan kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya.
    • Keberagaman budaya mencerminkan identitas bangsa Indonesia.
    • Menghargai keberagaman budaya dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.
    • Keberagaman budaya dapat menjadi daya tarik wisata yang meningkatkan perekonomian negara.
  3. Berikan contoh sikap yang dapat kamu lakukan untuk melestarikan budaya daerahmu!
    Jawaban: Contoh sikap yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya daerah:

    • Mempelajari dan mendalami budaya daerah sendiri.
    • Mempelajari bahasa daerah.
    • Mengikuti kegiatan atau acara yang berkaitan dengan budaya daerah.
    • Mempromosikan budaya daerah kepada orang lain.
    • Menggunakan produk-produk budaya daerah.
  4. Sebutkan 3 contoh tarian daerah beserta asal daerahnya!
    Jawaban:

    • Tari Saman (Aceh)
    • Tari Pendet (Bali)
    • Tari Jaipong (Jawa Barat)
  5. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang toleransi dalam keberagaman budaya!
    Jawaban: Toleransi dalam keberagaman budaya berarti menghargai dan menghormati perbedaan budaya yang ada di masyarakat. Toleransi meliputi:

    • Tidak merendahkan atau mengejek budaya lain.
    • Menghormati perbedaan keyakinan dan kepercayaan.
    • Bersikap terbuka terhadap budaya lain.
    • Mau belajar dan memahami budaya lain.

D. Studi Kasus

  1. Bayu berasal dari Jawa Tengah. Ia baru saja pindah ke Papua karena mengikuti orang tuanya yang bekerja di sana. Di sekolah barunya, Bayu melihat teman-temannya menggunakan pakaian adat yang berbeda dengan pakaian adat Jawa. Bagaimana seharusnya Bayu bersikap? Jelaskan!
    Jawaban: Bayu seharusnya bersikap:

    • Menghormati: Bayu harus menghormati perbedaan pakaian adat yang ada di Papua.
    • Mencari Tahu: Bayu dapat bertanya kepada teman-temannya tentang pakaian adat yang mereka gunakan, sehingga ia dapat menambah pengetahuannya tentang budaya Papua.
    • Menghargai: Bayu harus menghargai keindahan dan keunikan pakaian adat Papua.
    • Tidak Membandingkan: Bayu tidak boleh membandingkan pakaian adat Jawa dengan pakaian adat Papua, karena setiap budaya memiliki keunikan dan nilai yang berbeda.
  2. Di lingkungan tempat tinggalmu, terdapat beberapa keluarga yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana cara kamu menjaga kerukunan antar warga di tengah perbedaan budaya tersebut? Jelaskan!
    Jawaban: Cara menjaga kerukunan antar warga di tengah perbedaan budaya:

    • Saling Menghormati: Saling menghormati perbedaan budaya, adat istiadat, dan kebiasaan masing-masing.
    • Berkomunikasi dengan Baik: Menjalin komunikasi yang baik antar warga, sehingga dapat saling memahami dan menghindari kesalahpahaman.
    • Mengadakan Kegiatan Bersama: Mengadakan kegiatan bersama yang melibatkan seluruh warga, seperti gotong royong, kerja bakti, atau acara perayaan hari besar nasional.
    • Menghindari Perilaku Diskriminatif: Menghindari perilaku yang dapat memicu konflik, seperti diskriminasi atau prasangka buruk terhadap budaya lain.
    • Menyelesaikan Masalah dengan Musyawarah: Jika terjadi masalah, diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat.

Contoh soal-soal di atas dapat digunakan sebagai bahan latihan bagi siswa kelas 4 untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan atau penilaian harian. Penting bagi guru dan orang tua untuk memberikan pendampingan dan penjelasan yang tepat agar siswa dapat memahami konsep-konsep yang mendasari keberagaman budaya Indonesia. Dengan pemahaman yang baik, diharapkan siswa dapat tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang cinta tanah air, menghargai perbedaan, dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Keberagaman budaya adalah kekuatan kita, dan kita harus menjaganya dengan sepenuh hati.

Share your love

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *