Book Appointment Now

Contoh Soal Kelas 2 Tema 8 Subtema 4: Menjaga Keselamatan di Perjalanan Kurikulum 2013
Tema 8 untuk kelas 2 SD/MI dalam Kurikulum 2013 berfokus pada "Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan." Subtema 4 secara khusus membahas "Menjaga Keselamatan di Perjalanan." Materi ini penting untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya keselamatan saat berada di luar rumah, baik saat berjalan kaki, naik kendaraan umum, maupun kendaraan pribadi.
Artikel ini akan menyajikan contoh soal yang relevan dengan subtema 4, mencakup berbagai aspek seperti rambu lalu lintas, perilaku aman di jalan, etika dalam transportasi umum, dan tindakan pertolongan pertama sederhana. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa, melatih kemampuan berpikir kritis, dan mendorong penerapan pengetahuan dalam situasi nyata.
A. Pemahaman Rambu Lalu Lintas dan Artinya
Rambu lalu lintas adalah bahasa visual yang universal di jalan raya. Memahami rambu lalu lintas adalah kunci untuk keselamatan.
-
Soal: Perhatikan gambar rambu lalu lintas berikut: (Gambar rambu lalu lintas "zebra cross") Apa arti rambu lalu lintas tersebut?
- a. Tempat penyeberangan pejalan kaki
- b. Dilarang parkir
- c. Lampu lalu lintas
- d. Belok kiri
Jawaban: a. Tempat penyeberangan pejalan kaki
-
Soal: Rambu lalu lintas berbentuk segitiga dengan warna merah biasanya memberikan peringatan tentang…
- a. Perintah
- b. Larangan
- c. Petunjuk
- d. Peringatan bahaya
Jawaban: d. Peringatan bahaya
-
Soal: Jika kamu melihat rambu lalu lintas bergambar sepeda dengan garis merah menyilang, apa yang harus kamu lakukan?
- a. Tetap bersepeda di jalan tersebut
- b. Berhenti dan menuntun sepeda
- c. Bersepeda lebih cepat
- d. Bersepeda di trotoar
Jawaban: b. Berhenti dan menuntun sepeda
-
Soal: Buatlah sebuah kalimat yang menjelaskan arti rambu lalu lintas berikut: (Gambar rambu lalu lintas "dilarang parkir")
Jawaban: Rambu ini berarti kita tidak boleh memarkir kendaraan di tempat tersebut.
-
Soal: Mengapa kita perlu memahami arti rambu lalu lintas? Jelaskan!
Jawaban: Kita perlu memahami arti rambu lalu lintas agar kita tahu aturan di jalan, terhindar dari bahaya, dan menciptakan lalu lintas yang tertib.

B. Perilaku Aman di Jalan Raya
Selain memahami rambu, perilaku yang aman di jalan raya juga sangat penting.
-
Soal: Saat berjalan di trotoar, apa yang sebaiknya kamu lakukan?
- a. Berjalan di tengah trotoar sambil bermain
- b. Berjalan di pinggir trotoar dan memperhatikan sekitar
- c. Berlari-lari di trotoar
- d. Berjalan sambil mendorong orang lain
Jawaban: b. Berjalan di pinggir trotoar dan memperhatikan sekitar
-
Soal: Di mana tempat yang paling aman untuk menyeberang jalan?
- a. Di sembarang tempat
- b. Di zebra cross atau jembatan penyeberangan
- c. Di tengah jalan yang ramai
- d. Di antara mobil yang sedang parkir
Jawaban: b. Di zebra cross atau jembatan penyeberangan
-
Soal: Apa yang harus kamu lakukan sebelum menyeberang jalan?
- a. Langsung berlari menyeberang
- b. Melihat ke kiri dan kanan untuk memastikan aman
- c. Berteriak meminta perhatian pengemudi
- d. Menutup mata dan menyeberang
Jawaban: b. Melihat ke kiri dan kanan untuk memastikan aman
-
Soal: Mengapa penting untuk menggunakan helm saat naik sepeda motor?
Jawaban: Helm melindungi kepala kita dari benturan jika terjadi kecelakaan.
-
Soal: Bayangkan kamu sedang berjalan kaki di jalan yang tidak ada trotoarnya. Di mana sebaiknya kamu berjalan? Mengapa?
Jawaban: Sebaiknya saya berjalan di pinggir jalan yang berlawanan dengan arah lalu lintas. Hal ini agar saya bisa melihat kendaraan yang datang dan menghindarinya.
C. Etika dalam Transportasi Umum
Menggunakan transportasi umum juga memerlukan etika dan kesadaran akan keselamatan.
-
Soal: Saat berada di dalam bus atau kereta api, apa yang sebaiknya kamu lakukan?
- a. Berteriak dan berlarian di dalam kendaraan
- b. Duduk dengan tenang dan tidak mengganggu penumpang lain
- c. Membuang sampah sembarangan
- d. Menaikkan kaki ke kursi
Jawaban: b. Duduk dengan tenang dan tidak mengganggu penumpang lain
-
Soal: Jika kamu melihat seorang ibu hamil berdiri di dalam bus, apa yang sebaiknya kamu lakukan?
- a. Mengabaikannya
- b. Menawarkan tempat dudukmu
- c. Berpura-pura tidur
- d. Memotretnya
Jawaban: b. Menawarkan tempat dudukmu
-
Soal: Mengapa kita tidak boleh makan atau minum di dalam angkutan umum?
Jawaban: Makan atau minum di dalam angkutan umum bisa mengganggu penumpang lain dan membuat kotor.
-
Soal: Apa yang harus kamu lakukan jika kamu melihat seseorang mencopet di dalam bus?
Jawaban: Saya harus memberitahu orang dewasa di sekitar saya atau pengemudi bus agar mereka bisa membantu.
-
Soal: Mengapa penting untuk bersikap sopan dan menghormati orang lain saat menggunakan transportasi umum?
Jawaban: Penting untuk bersikap sopan dan menghormati orang lain agar tercipta suasana yang nyaman dan aman bagi semua penumpang.
D. Pertolongan Pertama Sederhana di Perjalanan
Mengetahui tindakan pertolongan pertama sederhana dapat membantu dalam situasi darurat.
-
Soal: Jika temanmu terjatuh dan terluka ringan saat bermain di taman, apa yang sebaiknya kamu lakukan?
- a. Meninggalkannya dan mencari bantuan
- b. Memarahinya karena ceroboh
- c. Membersihkan luka dengan air bersih dan menutupnya dengan plester
- d. Membiarkannya menangis sendiri
Jawaban: c. Membersihkan luka dengan air bersih dan menutupnya dengan plester
-
Soal: Apa yang harus kamu lakukan jika seseorang pingsan di jalan?
- a. Mengabaikannya
- b. Mencari bantuan orang dewasa dan memanggil ambulans jika perlu
- c. Memberinya minum air dingin
- d. Mengerumuninya
Jawaban: b. Mencari bantuan orang dewasa dan memanggil ambulans jika perlu
-
Soal: Mengapa penting untuk segera mencari bantuan orang dewasa jika terjadi kecelakaan atau situasi darurat?
Jawaban: Orang dewasa memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih banyak untuk menangani situasi darurat dengan benar.
-
Soal: Sebutkan minimal dua benda yang sebaiknya ada di kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)!
Jawaban: Plester, perban, antiseptik, kapas.
-
Soal: Apa yang harus kamu lakukan jika kamu melihat seseorang tersedak?
Jawaban: Saya harus menepuk punggungnya dengan kuat dari bawah ke atas agar benda yang menyumbat tenggorokannya keluar. Jika tidak berhasil, segera cari bantuan orang dewasa.
E. Penerapan Konsep dalam Situasi Nyata
Soal-soal berikut menguji kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan mereka dalam situasi nyata.
-
Soal: Bayangkan kamu sedang berjalan kaki ke sekolah. Jelaskan langkah-langkah yang harus kamu lakukan agar selamat di perjalanan!
Jawaban: Saya akan berjalan di trotoar, memperhatikan rambu lalu lintas, menyeberang di zebra cross atau jembatan penyeberangan, melihat ke kiri dan kanan sebelum menyeberang, dan menghindari bermain atau berlarian di jalan.
-
Soal: Kamu dan keluargamu akan bepergian menggunakan mobil. Apa saja yang harus diperhatikan agar perjalanan aman?
Jawaban: Semua penumpang harus memakai sabuk pengaman, tidak bermain atau mengganggu pengemudi, dan beristirahat jika pengemudi merasa lelah.
-
Soal: Buatlah sebuah cerita pendek tentang seorang anak yang menaati peraturan lalu lintas dan berhasil menghindari kecelakaan!
Jawaban: (Jawaban akan bervariasi, tetapi harus mencerminkan pemahaman tentang keselamatan di jalan)
-
Soal: Jika kamu melihat temanmu melanggar peraturan lalu lintas, apa yang akan kamu lakukan?
Jawaban: Saya akan mengingatkannya dengan sopan bahwa tindakannya berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan.
-
Soal: Mengapa menjaga keselamatan di perjalanan penting bagi diri sendiri dan orang lain?
Jawaban: Menjaga keselamatan di perjalanan penting agar kita terhindar dari kecelakaan dan cedera, serta melindungi orang lain dari bahaya yang mungkin kita timbulkan. Dengan menjaga keselamatan, kita menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan.
Kesimpulan
Contoh soal di atas mencakup berbagai aspek penting dalam subtema 4 "Menjaga Keselamatan di Perjalanan" untuk kelas 2 SD/MI. Melalui soal-soal ini, siswa diharapkan dapat memahami pentingnya rambu lalu lintas, perilaku aman di jalan, etika dalam transportasi umum, dan tindakan pertolongan pertama sederhana. Dengan pemahaman dan kesadaran yang baik, siswa akan menjadi pengguna jalan yang bertanggung jawab dan turut serta menciptakan lingkungan yang aman bagi semua. Penting bagi guru dan orang tua untuk terus mengingatkan dan melatih siswa dalam menerapkan pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari.