Contoh Soal Kelas 3 Tema 2 Subtema 4: Menyayangi Hewan

Tema 2 kelas 3 SD/MI membahas tentang Menyayangi Tumbuhan dan Hewan. Subtema 4 secara khusus fokus pada Menyayangi Hewan. Subtema ini bertujuan agar siswa memahami pentingnya menyayangi hewan, mengetahui cara merawat hewan peliharaan, dan mengidentifikasi manfaat hewan bagi kehidupan manusia.

Berikut adalah contoh soal kelas 3 tema 2 subtema 4 beserta pembahasannya, yang mencakup berbagai aspek pembelajaran, mulai dari pengetahuan dasar hingga penerapan konsep dalam kehidupan sehari-hari:

A. Pilihan Ganda

  1. Contoh Soal Kelas 3 Tema 2 Subtema 4: Menyayangi Hewan

    Perilaku yang menunjukkan rasa sayang terhadap hewan peliharaan adalah…
    a. Memberi makan sekali seminggu.
    b. Membiarkan hewan bermain sendiri di luar rumah.
    c. Membersihkan kandang secara rutin.
    d. Membentak hewan jika melakukan kesalahan.

    Jawaban: c. Membersihkan kandang secara rutin.
    Pembahasan: Pilihan c menunjukkan tindakan nyata merawat dan menjaga kebersihan hewan, yang merupakan wujud kasih sayang. Pilihan lain menunjukkan kelalaian atau perlakuan buruk.

  2. Berikut ini adalah hewan yang biasanya dipelihara untuk diambil telurnya, kecuali…
    a. Ayam
    b. Bebek
    c. Burung Puyuh
    d. Kucing

    Jawaban: d. Kucing
    Pembahasan: Ayam, bebek, dan burung puyuh dikenal sebagai penghasil telur. Kucing umumnya dipelihara sebagai hewan kesayangan atau pemburu tikus.

  3. Salah satu manfaat memelihara hewan peliharaan adalah…
    a. Membuat rumah menjadi kotor.
    b. Menambah pekerjaan di rumah.
    c. Mengurangi rasa kesepian.
    d. Membuat kita boros.

    Jawaban: c. Mengurangi rasa kesepian.
    Pembahasan: Hewan peliharaan dapat menjadi teman dan penghibur, sehingga mengurangi rasa kesepian. Pilihan lain adalah dampak negatif yang bisa diatasi dengan perawatan yang baik.

  4. Jika kita menemukan anak burung yang jatuh dari sarangnya, tindakan yang tepat adalah…
    a. Membawanya pulang dan merawatnya sendiri.
    b. Membiarkannya saja karena itu urusan alam.
    c. Mencari sarangnya dan mengembalikannya dengan hati-hati.
    d. Menjualnya ke pasar burung.

    Jawaban: c. Mencari sarangnya dan mengembalikannya dengan hati-hati.
    Pembahasan: Anak burung lebih baik diasuh oleh induknya. Mengembalikannya ke sarang adalah tindakan yang paling tepat.

  5. Makanan yang tepat untuk kucing adalah…
    a. Nasi dan sayuran.
    b. Daging atau makanan kucing khusus.
    c. Tulang ayam.
    d. Makanan sisa manusia.

    Jawaban: b. Daging atau makanan kucing khusus.
    Pembahasan: Kucing adalah karnivora yang membutuhkan protein tinggi. Makanan kucing khusus sudah diformulasikan sesuai kebutuhan nutrisinya.

  6. Contoh hewan yang dimanfaatkan tenaganya untuk membajak sawah adalah…
    a. Sapi dan Kerbau
    b. Ayam dan Bebek
    c. Kucing dan Anjing
    d. Kelinci dan Hamster

    Jawaban: a. Sapi dan Kerbau
    Pembahasan: Sapi dan kerbau memiliki tenaga yang kuat dan sering digunakan untuk membantu petani dalam membajak sawah.

  7. Penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia disebut…
    a. Flu
    b. Demam Berdarah
    c. Zoonosis
    d. Alergi

    Jawaban: c. Zoonosis
    Pembahasan: Zoonosis adalah istilah untuk penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia, contohnya rabies.

  8. Salah satu cara menjaga kesehatan hewan peliharaan adalah…
    a. Memberi makan sebanyak-banyaknya.
    b. Membiarkannya bermain di tempat kotor.
    c. Memberikan vaksinasi secara teratur.
    d. Tidak pernah membersihkan kandangnya.

    Jawaban: c. Memberikan vaksinasi secara teratur.
    Pembahasan: Vaksinasi membantu mencegah hewan peliharaan dari berbagai penyakit menular.

  9. Jika hewan peliharaan kita sakit, sebaiknya kita…
    a. Memberinya obat manusia.
    b. Membiarkannya saja sampai sembuh sendiri.
    c. Membawanya ke dokter hewan.
    d. Memberinya makan lebih banyak.

    Jawaban: c. Membawanya ke dokter hewan.
    Pembahasan: Dokter hewan adalah ahli yang dapat mendiagnosis dan mengobati penyakit pada hewan.

  10. Apa yang dimaksud dengan hewan peliharaan?
    a. Hewan yang hidup di hutan.
    b. Hewan yang dipelihara di rumah atau lingkungan sekitar.
    c. Hewan yang berbahaya bagi manusia.
    d. Hewan yang hanya bisa dilihat di kebun binatang.

    Jawaban: b. Hewan yang dipelihara di rumah atau lingkungan sekitar.
    Pembahasan: Hewan peliharaan adalah hewan yang sengaja dipelihara oleh manusia untuk berbagai tujuan, seperti kesenangan, manfaat ekonomi, atau sebagai teman.

B. Isian Singkat

  1. Kandang hewan peliharaan sebaiknya dibersihkan secara __.
    Jawaban: Rutin

  2. Contoh hewan peliharaan yang menghasilkan susu adalah __.
    Jawaban: Sapi atau Kambing

  3. Memberi makan dan minum hewan peliharaan adalah contoh sikap __.
    Jawaban: Menyayangi

  4. Selain daging, ayam juga dimanfaatkan __.
    Jawaban: Telurnya

  5. Kita harus bersikap __ terhadap hewan peliharaan agar mereka tidak stres.
    Jawaban: Lembut atau Baik

C. Uraian Singkat

  1. Sebutkan 3 contoh hewan peliharaan yang sering dipelihara di rumah!
    Jawaban: Kucing, Anjing, Burung, Ikan (pilih 3)

  2. Mengapa kita harus menyayangi hewan?
    Jawaban: Karena hewan juga makhluk hidup yang memiliki hak untuk hidup dan diperlakukan dengan baik. Hewan juga dapat memberikan manfaat bagi manusia, seperti menjadi teman, membantu pekerjaan, dan menghasilkan makanan.

  3. Bagaimana cara merawat ikan di akuarium?
    Jawaban: Memberi makan secara teratur, membersihkan akuarium secara berkala, mengganti air secara rutin, dan memastikan suhu air sesuai.

  4. Apa saja manfaat memelihara hewan bagi kesehatan mental?
    Jawaban: Mengurangi stres, mengurangi rasa kesepian, meningkatkan rasa tanggung jawab, dan meningkatkan interaksi sosial.

  5. Apa yang harus kamu lakukan jika melihat temanmu menyakiti hewan?
    Jawaban: Menegur teman dengan sopan, menjelaskan bahwa menyakiti hewan adalah perbuatan yang salah, dan memberikan contoh cara memperlakukan hewan dengan baik.

D. Soal Cerita

  1. Dayu memiliki 5 ekor ayam betina. Setiap hari, masing-masing ayam menghasilkan 1 butir telur. Berapa jumlah telur yang dihasilkan Dayu setiap hari?
    Jawaban: 5 butir telur

  2. Siti memiliki 2 ekor kucing. Setiap hari, Siti memberi makan kedua kucingnya masing-masing 1 mangkuk makanan. Jika 1 mangkuk makanan kucing harganya Rp 5.000,00, berapa uang yang harus dikeluarkan Siti setiap hari untuk membeli makanan kucing?
    Jawaban: Rp 10.000,00

  3. Beni memiliki 10 ekor kelinci. Beni ingin membuatkan kandang untuk kelinci-kelincinya. Jika setiap kelinci membutuhkan luas kandang 0,5 meter persegi, berapa luas kandang yang harus dibuat Beni?
    Jawaban: 5 meter persegi

  4. Lani membersihkan kandang ayam setiap hari Minggu. Lani mulai membersihkan kandang pukul 08.00 dan selesai pukul 09.30. Berapa lama Lani membersihkan kandang ayam?
    Jawaban: 1 jam 30 menit

  5. Edo ingin membeli makanan ikan seharga Rp 15.000,00. Edo sudah memiliki uang Rp 7.000,00. Berapa uang yang masih harus dikumpulkan Edo?
    Jawaban: Rp 8.000,00

E. Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Diskusi: Mengadakan diskusi di kelas tentang pengalaman siswa dalam memelihara hewan, tantangan yang dihadapi, dan solusi yang dapat dilakukan.
  • Proyek: Membuat proyek sederhana seperti membuat kandang burung dari bahan bekas, membuat makanan burung dari biji-bijian, atau membuat poster tentang cara merawat hewan peliharaan.
  • Kunjungan: Mengadakan kunjungan ke peternakan atau tempat penampungan hewan untuk melihat langsung bagaimana hewan dirawat dengan baik.
  • Simulasi: Melakukan simulasi tentang cara memberikan pertolongan pertama pada hewan yang terluka.

Kesimpulan

Soal-soal di atas mencakup berbagai aspek penting dalam subtema Menyayangi Hewan, mulai dari pengetahuan dasar tentang hewan peliharaan, cara merawat hewan, manfaat hewan, hingga penerapan sikap menyayangi hewan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mempelajari subtema ini, diharapkan siswa dapat memahami pentingnya menyayangi hewan dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap hewan peliharaan serta lingkungan sekitar. Selain itu, siswa juga diharapkan dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, problem solving, dan kreativitas melalui berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penting untuk diingat bahwa pembelajaran tentang menyayangi hewan tidak hanya sebatas teori, tetapi juga harus diwujudkan dalam tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Guru dan orang tua berperan penting dalam memberikan contoh dan membimbing siswa untuk menjadi individu yang peduli dan bertanggung jawab terhadap hewan dan lingkungan.

Share your love

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *