Book Appointment Now

Contoh Soal Kelas 3 Tema 6 Subtema 4: Penghematan Energi (Revisi 2018)
Tema 6 kelas 3 SD/MI membahas tentang energi dan perubahannya. Subtema 4 secara khusus fokus pada Penghematan Energi. Subtema ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran kepada siswa tentang pentingnya menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari demi kelestarian lingkungan dan ketersediaan sumber daya di masa depan.
Berikut adalah contoh soal beserta pembahasan yang mencakup berbagai aspek penting dalam subtema 4, disesuaikan dengan kurikulum revisi 2018. Soal-soal ini mencakup berbagai bentuk, mulai dari pilihan ganda, isian singkat, hingga uraian, yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa secara komprehensif.
A. Pilihan Ganda
Energi yang paling banyak kita gunakan sehari-hari adalah…
a. Energi kinetik
b. Energi potensial
c. Energi listrik
d. Energi kimiaJawaban: c. Energi listrik
Pembahasan: Energi listrik merupakan energi yang paling umum digunakan di rumah, sekolah, dan tempat kerja. Kita menggunakannya untuk menyalakan lampu, mengoperasikan peralatan elektronik, dan berbagai keperluan lainnya.
-
Berikut ini yang BUKAN merupakan cara menghemat energi listrik di rumah adalah…
a. Mematikan lampu saat tidur
b. Menyalakan semua lampu di rumah meskipun siang hari
c. Menggunakan peralatan elektronik secara bijak
d. Mencabut charger dari stop kontak jika tidak digunakanJawaban: b. Menyalakan semua lampu di rumah meskipun siang hari
Pembahasan: Menyalakan lampu di siang hari adalah pemborosan energi. Sebaiknya memanfaatkan cahaya matahari alami.
-
Alat transportasi yang paling hemat energi adalah…
a. Mobil pribadi
b. Sepeda motor
c. Sepeda
d. Pesawat terbangJawaban: c. Sepeda
Pembahasan: Sepeda tidak menggunakan bahan bakar fosil, sehingga tidak menghasilkan polusi dan sangat hemat energi. Selain itu, bersepeda juga baik untuk kesehatan.
-
Salah satu dampak positif menghemat energi adalah…
a. Meningkatkan biaya hidup
b. Mengurangi polusi udara
c. Mempercepat habisnya sumber daya alam
d. Membuat tagihan listrik semakin mahalJawaban: b. Mengurangi polusi udara
Pembahasan: Penghematan energi, terutama energi listrik yang berasal dari pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil, dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara.
-
Berikut ini contoh kegiatan menghemat air, KECUALI…
a. Mematikan keran air saat menyikat gigi
b. Menggunakan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman
c. Mandi dengan shower lebih lama
d. Memperbaiki keran yang bocorJawaban: c. Mandi dengan shower lebih lama
Pembahasan: Mandi dengan shower terlalu lama memboroskan air. Sebaiknya mandi secukupnya dan menggunakan air seperlunya.
-
Sumber energi alternatif yang ramah lingkungan adalah…
a. Batu bara
b. Minyak bumi
c. Angin
d. Gas alamJawaban: c. Angin
Pembahasan: Angin merupakan sumber energi terbarukan yang tidak akan habis dan tidak menghasilkan polusi. Sumber energi alternatif lainnya yang ramah lingkungan adalah matahari, air, dan panas bumi.
-
Mengapa kita harus menghemat energi?
a. Agar terlihat kaya
b. Agar terkenal
c. Agar sumber daya alam tidak cepat habis
d. Agar tagihan semakin banyakJawaban: c. Agar sumber daya alam tidak cepat habis
Pembahasan: Menghemat energi adalah cara kita melestarikan sumber daya alam agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang.
-
Jika kamu melihat temanmu membiarkan lampu kelas menyala saat istirahat, apa yang sebaiknya kamu lakukan?
a. Ikut membiarkannya saja
b. Memarahinya
c. Mengingatkannya untuk mematikan lampu
d. Melaporkannya kepada guruJawaban: c. Mengingatkannya untuk mematikan lampu
Pembahasan: Mengingatkan teman dengan sopan adalah cara yang baik untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya menghemat energi.
-
Contoh tindakan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghemat energi di sekolah adalah…
a. Menyalakan AC meskipun cuaca dingin
b. Membiarkan keran air terbuka setelah mencuci tangan
c. Mematikan komputer setelah digunakan
d. Membuang sampah sembaranganJawaban: c. Mematikan komputer setelah digunakan
Pembahasan: Mematikan peralatan elektronik setelah digunakan adalah salah satu cara efektif untuk menghemat energi di sekolah.
-
Berikut ini yang termasuk energi tak terbarukan adalah…
a. Angin
b. Matahari
c. Air
d. Minyak BumiJawaban: d. Minyak Bumi
Pembahasan: Energi tak terbarukan adalah energi yang akan habis jika terus menerus digunakan. Contohnya adalah minyak bumi, batu bara, dan gas alam.
B. Isian Singkat
- Energi yang berasal dari matahari disebut energi… (Surya)
- Sumber energi yang utama bagi kehidupan di bumi adalah… (Matahari)
- Mematikan televisi saat tidak ditonton adalah contoh menghemat energi… (Listrik)
- Air bekas mencuci baju dapat digunakan untuk… (Menyiram tanaman/Mengepel lantai)
- Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) memanfaatkan energi… (Air)
- Berjalan kaki atau menggunakan … lebih baik daripada naik motor untuk jarak dekat. (Sepeda)
- Selain menghemat energi, kita juga harus menghemat … agar tidak terjadi kekeringan. (Air)
- Energi yang dihasilkan dari panas bumi disebut energi… (Geothermal/Panas Bumi)
- Mengganti lampu pijar dengan lampu … dapat menghemat energi. (LED/Hemat Energi)
- Sumber energi … tidak akan pernah habis. (Terbarukan)
C. Uraian
-
Sebutkan 3 manfaat menghemat energi bagi kehidupan sehari-hari!
Jawaban:
- Mengurangi biaya tagihan (listrik, air, dll.)
- Melestarikan sumber daya alam agar tidak cepat habis
- Mengurangi polusi dan menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat
-
Berikan 2 contoh tindakan yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air di rumah!
Jawaban:
- Mematikan keran saat menyikat gigi atau mencuci tangan.
- Menggunakan air bekas cucian beras atau sayuran untuk menyiram tanaman.
- Memperbaiki keran yang bocor.
- Mandi dengan shower secukupnya.
-
Mengapa kita perlu menggunakan sumber energi alternatif? Jelaskan!
Jawaban: Kita perlu menggunakan sumber energi alternatif karena sumber energi fosil (seperti minyak bumi dan batu bara) semakin menipis dan menyebabkan polusi. Sumber energi alternatif, seperti matahari, angin, air, dan panas bumi, adalah sumber energi terbarukan yang tidak akan habis dan lebih ramah lingkungan.
-
Buatlah poster sederhana yang berisi ajakan untuk menghemat energi!
Jawaban: (Jawaban berupa kreativitas siswa dalam membuat poster. Contoh isi poster: "Hemat Energi, Selamatkan Bumi!", "Matikan Lampu Jika Tidak Digunakan!", "Air adalah Kehidupan, Hematlah!")
-
Bayangkan kamu adalah seorang duta energi di sekolahmu. Apa yang akan kamu lakukan untuk mengajak teman-temanmu menghemat energi?
Jawaban:
- Mengadakan sosialisasi tentang pentingnya menghemat energi.
- Membuat poster dan menempelkannya di tempat-tempat strategis di sekolah.
- Mengadakan lomba tentang penghematan energi.
- Memberikan contoh langsung dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak digunakan.
- Membentuk tim penghemat energi di sekolah.
-
Jelaskan perbedaan antara energi terbarukan dan energi tak terbarukan! Berikan contoh masing-masing!
Jawaban:
- Energi Terbarukan: Energi yang dapat diperbarui dan tidak akan habis jika digunakan secara terus menerus. Contoh: Matahari, angin, air, panas bumi.
- Energi Tak Terbarukan: Energi yang akan habis jika digunakan terus menerus karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Contoh: Minyak bumi, batu bara, gas alam.
-
Mengapa penggunaan kendaraan pribadi (mobil, motor) dapat menyebabkan pemborosan energi? Jelaskan!
Jawaban: Penggunaan kendaraan pribadi yang berbahan bakar fosil (bensin, solar) menyebabkan pemborosan energi karena:
- Bahan bakar fosil adalah sumber energi tak terbarukan yang akan habis.
- Kendaraan pribadi seringkali hanya digunakan oleh satu atau dua orang, sehingga kurang efisien dibandingkan transportasi umum.
- Kendaraan pribadi menghasilkan polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.
-
Sebutkan 3 contoh energi alternatif yang dapat digunakan untuk menghasilkan listrik!
Jawaban:
- Energi Matahari (menggunakan panel surya)
- Energi Angin (menggunakan turbin angin)
- Energi Air (menggunakan bendungan atau kincir air)
- Energi Panas Bumi (menggunakan uap panas dari dalam bumi)
-
Bagaimana cara menghemat energi saat menggunakan peralatan elektronik seperti televisi dan komputer?
Jawaban:
- Matikan televisi dan komputer jika tidak ditonton atau digunakan.
- Jangan biarkan televisi atau komputer dalam keadaan standby.
- Atur kecerahan layar televisi dan komputer agar tidak terlalu terang.
- Cabut charger dari stop kontak jika baterai sudah penuh.
-
Apa yang akan kamu lakukan jika melihat orang lain membuang sampah sembarangan? Mengapa tindakan itu tidak sesuai dengan upaya penghematan energi?
Jawaban: Saya akan mengingatkan orang tersebut dengan sopan untuk membuang sampah pada tempatnya. Membuang sampah sembarangan tidak sesuai dengan upaya penghematan energi karena:
- Sampah yang dibuang sembarangan dapat mencemari lingkungan dan merusak ekosistem.
- Proses pengolahan sampah memerlukan energi. Jika sampah dibuang sembarangan, proses pengolahan menjadi lebih sulit dan membutuhkan lebih banyak energi.
- Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan banjir dan penyakit, yang pada akhirnya dapat mengganggu aktivitas manusia dan membutuhkan lebih banyak energi untuk penanganan.
Soal-soal di atas hanyalah contoh, guru dapat mengembangkan soal-soal lain yang relevan dengan kondisi lingkungan dan pengalaman siswa. Tujuan utama dari pembelajaran ini adalah untuk menanamkan kesadaran dan perilaku hemat energi sejak dini, sehingga siswa dapat menjadi agen perubahan yang positif bagi lingkungan di masa depan. Pembelajaran juga harus ditekankan pada aplikasi praktis dalam kehidupan sehari-hari agar siswa benar-benar memahami dan menerapkan konsep penghematan energi.