Contoh Soal Tematik Kelas 4 Tema 4G: Cita-Citaku

Tema 4G kelas 4 SD/MI, "Cita-Citaku," mengajak siswa untuk menjelajahi dunia pekerjaan, memahami keberagaman profesi, dan merenungkan impian masa depan mereka. Tema ini tidak hanya memperkenalkan berbagai jenis pekerjaan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai penting seperti kerja keras, tanggung jawab, dan saling menghargai antar profesi. Artikel ini akan menyajikan contoh soal tematik kelas 4 tema 4G, mencakup berbagai aspek pembelajaran, mulai dari Bahasa Indonesia, IPA, IPS, hingga SBdP, disertai dengan penjelasan dan pembahasan yang mendalam.

A. Bahasa Indonesia: Memahami Puisi dan Profesi

Subtema Bahasa Indonesia pada tema ini berfokus pada kemampuan siswa untuk memahami dan mengapresiasi puisi, serta mengaitkannya dengan berbagai profesi. Siswa belajar tentang unsur-unsur puisi, seperti rima, bait, dan amanat, serta bagaimana puisi dapat digunakan untuk menggambarkan cita-cita dan harapan.

Contoh Soal 1:

Bacalah puisi berikut dengan saksama!

Contoh Soal Tematik Kelas 4 Tema 4G: Cita-Citaku

Kulihat langit biru membentang,
Awan putih berarak perlahan.
Di sana kulihat pesawat terbang,
Pilot gagah menerbangkan badan.

Ingin aku seperti dirinya,
Menjelajah angkasa raya.
Membawa penumpang dengan gembira,
Pilot hebat cita-citaku selamanya.

  1. Berapa baitkah puisi di atas?
  2. Apa cita-cita yang digambarkan dalam puisi tersebut?
  3. Tuliskan rima yang terdapat pada bait pertama puisi!
  4. Apa amanat yang dapat kamu ambil dari puisi tersebut?
  5. Jika kamu ingin membuat puisi tentang cita-citamu menjadi seorang dokter, tuliskan dua bait puisi yang menggambarkan cita-citamu tersebut!

Pembahasan:

  1. Puisi di atas terdiri dari 2 bait.
  2. Cita-cita yang digambarkan dalam puisi tersebut adalah menjadi seorang pilot.
  3. Rima pada bait pertama puisi adalah a-a-a-a (membentang – perlahan – terbang – badan).
  4. Amanat yang dapat diambil dari puisi tersebut adalah bahwa kita harus memiliki cita-cita yang tinggi dan berusaha untuk meraihnya.
  5. Contoh dua bait puisi tentang cita-cita menjadi seorang dokter:

    Di rumah sakit kulihat mereka berjuang,
    Menyembuhkan sakit dengan penuh kasih sayang.
    Senyum mereka menenangkan hati yang bimbang,
    Dokter hebat cita-citaku yang ku impikan.

    Belajar giat setiap hari,
    Agar ilmu pengetahuan terisi.
    Demi membantu sesama insan budi,
    Menjadi dokter yang berdedikasi.

Contoh Soal 2:

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Menolong orang sakit.
  2. Mengatur lalu lintas agar tidak macet.
  3. Membangun rumah dan gedung.
  4. Menjaga keamanan negara.

Pasangkan pernyataan di atas dengan profesi yang sesuai!

a. Polisi
b. Dokter
c. Arsitek
d. Tentara

Pembahasan:

  • 1 – b (Dokter)
  • 2 – a (Polisi)
  • 3 – c (Arsitek)
  • 4 – d (Tentara)

B. IPA: Tahapan Pertumbuhan Hewan dan Tumbuhan

Subtema IPA pada tema ini mengajak siswa untuk memahami tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, serta bagaimana faktor lingkungan dapat memengaruhi pertumbuhan tersebut.

Contoh Soal 1:

Urutkan tahapan pertumbuhan kupu-kupu berikut dengan benar!

a. Kepompong
b. Telur
c. Larva (ulat)
d. Kupu-kupu dewasa

Pembahasan:

Urutan yang benar adalah: b – c – a – d (Telur – Larva (ulat) – Kepompong – Kupu-kupu dewasa).

Contoh Soal 2:

Jelaskan apa yang dimaksud dengan metamorfosis sempurna! Berikan contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna!

Pembahasan:

Metamorfosis sempurna adalah proses perubahan bentuk tubuh hewan dari satu tahap ke tahap berikutnya yang sangat berbeda. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna memiliki empat tahap pertumbuhan yang berbeda, yaitu telur, larva, pupa (kepompong), dan dewasa. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu, katak, dan lalat.

Contoh Soal 3:

Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan tumbuhan!

Pembahasan:

Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan tumbuhan antara lain:

  • Cahaya matahari: Tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis, yaitu proses pembuatan makanan.
  • Air: Air penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Air digunakan untuk mengangkut nutrisi dari tanah ke seluruh bagian tumbuhan.
  • Nutrisi: Tumbuhan memerlukan nutrisi yang cukup dari tanah agar dapat tumbuh dengan baik. Nutrisi tersebut antara lain nitrogen, fosfor, dan kalium.
  • Suhu: Suhu yang sesuai diperlukan untuk pertumbuhan tumbuhan. Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan.
  • Udara: Tumbuhan memerlukan udara untuk bernapas dan melakukan fotosintesis.

C. IPS: Keberagaman Pekerjaan dan Kegiatan Ekonomi

Subtema IPS pada tema ini memperkenalkan siswa pada keberagaman pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar, serta bagaimana kegiatan ekonomi saling berkaitan.

Contoh Soal 1:

Sebutkan 5 contoh pekerjaan yang menghasilkan barang!

Pembahasan:

  • Petani (menghasilkan padi, sayuran, buah-buahan)
  • Nelayan (menghasilkan ikan)
  • Pengrajin (menghasilkan kerajinan tangan)
  • Pekerja pabrik (menghasilkan berbagai macam produk)
  • Peternak (menghasilkan daging, telur, susu)

Contoh Soal 2:

Jelaskan perbedaan antara pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa! Berikan contoh masing-masing!

Pembahasan:

  • Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan sesuatu yang dapat dilihat, diraba, dan digunakan. Contoh: petani menghasilkan padi, pengrajin menghasilkan kerajinan tangan.
  • Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah pekerjaan yang memberikan pelayanan kepada orang lain. Contoh: guru mengajar, dokter menyembuhkan pasien, tukang cukur memotong rambut.

Contoh Soal 3:

Jelaskan bagaimana kegiatan ekonomi petani dan pedagang saling berkaitan!

Pembahasan:

Kegiatan ekonomi petani dan pedagang saling berkaitan karena petani menghasilkan hasil panen (misalnya padi), kemudian pedagang membeli hasil panen tersebut dari petani dan menjualnya kepada konsumen. Dengan demikian, petani dapat menjual hasil panennya dan pedagang mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut. Kegiatan ini menciptakan siklus ekonomi yang saling menguntungkan.

D. SBdP: Menggambar Cita-Cita

Subtema SBdP pada tema ini mengajak siswa untuk mengekspresikan cita-cita mereka melalui gambar. Siswa belajar tentang teknik menggambar, mewarnai, dan membuat kolase.

Contoh Soal 1:

Gambarkan cita-citamu! Jelaskan mengapa kamu ingin meraih cita-cita tersebut!

Pembahasan:

(Jawaban akan bervariasi tergantung pada cita-cita siswa. Penilaian didasarkan pada kreativitas gambar, kejelasan penjelasan, dan kesesuaian gambar dengan cita-cita yang diungkapkan).

Contoh Soal 2:

Sebutkan alat dan bahan yang kamu butuhkan untuk membuat kolase tentang cita-citamu!

Pembahasan:

  • Kertas karton atau kertas gambar
  • Gunting
  • Lem
  • Majalah bekas, koran bekas, atau bahan-bahan lain yang dapat digunakan untuk kolase
  • Pensil atau spidol untuk membuat sketsa (opsional)

Contoh Soal 3:

Jelaskan langkah-langkah membuat kolase sederhana!

Pembahasan:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  2. Buatlah sketsa gambar yang ingin kamu buat di atas kertas karton atau kertas gambar (opsional).
  3. Gunting atau sobek bahan-bahan dari majalah atau koran bekas menjadi potongan-potongan kecil.
  4. Oleskan lem pada bagian kertas yang ingin ditempelkan potongan-potongan bahan.
  5. Tempelkan potongan-potongan bahan tersebut di atas kertas sesuai dengan sketsa atau imajinasimu.
  6. Biarkan lem mengering.
  7. Kolase cita-citamu sudah selesai!

Kesimpulan:

Contoh soal tematik kelas 4 tema 4G "Cita-Citaku" di atas mencakup berbagai aspek pembelajaran, mulai dari pemahaman puisi, tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, keberagaman pekerjaan, hingga ekspresi diri melalui gambar. Dengan mempelajari tema ini, diharapkan siswa dapat memahami dan mengapresiasi berbagai profesi, menumbuhkan semangat kerja keras, serta berani bermimpi dan berusaha untuk meraih cita-cita mereka. Guru dapat menggunakan contoh soal ini sebagai referensi untuk menyusun soal-soal yang lebih bervariasi dan sesuai dengan kemampuan siswa. Selain itu, penting untuk mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, seperti diskusi, presentasi, dan proyek, agar mereka dapat memahami materi dengan lebih mendalam dan bermakna.

Share your love

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *