Book Appointment Now
Contoh Soal Tematik Kelas 4 Tema 6: Cita-Citaku (1.200 Kata)
Tema 6 kelas 4 Sekolah Dasar (SD) berfokus pada "Cita-Citaku". Tema ini mengajak siswa untuk menggali pemahaman tentang berbagai profesi, pentingnya belajar dan berusaha meraih cita-cita, serta memahami hubungan antara kegiatan ekonomi dengan cita-cita tersebut. Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal tematik yang mencakup berbagai mata pelajaran yang terintegrasi dalam tema ini, yaitu Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP.
A. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia dalam tema ini menekankan pada kemampuan membaca, memahami teks, menulis, dan berbicara tentang cita-cita.
1. Membaca dan Memahami Teks:
Soal 1:
Bacalah teks berikut dengan seksama!
"Namaku Ayu. Aku bercita-cita menjadi seorang guru. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka mendidik dan membimbing generasi muda agar menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara. Aku ingin menjadi guru karena aku suka belajar dan berbagi ilmu pengetahuan kepada orang lain. Aku ingin membantu anak-anak di daerah terpencil agar mereka juga memiliki kesempatan untuk meraih cita-cita mereka. Aku sadar, untuk menjadi guru yang baik, aku harus belajar dengan tekun dan disiplin."
Pertanyaan:
a. Apa cita-cita Ayu?
b. Mengapa Ayu ingin menjadi guru?
c. Apa yang harus dilakukan Ayu untuk mencapai cita-citanya?
d. Tuliskan pesan moral yang kamu dapatkan dari teks tersebut!
Kunci Jawaban:
a. Cita-cita Ayu adalah menjadi seorang guru.
b. Ayu ingin menjadi guru karena ia suka belajar dan berbagi ilmu pengetahuan kepada orang lain, serta ingin membantu anak-anak di daerah terpencil.
c. Ayu harus belajar dengan tekun dan disiplin.
d. Pesan moral: Kita harus memiliki cita-cita yang mulia dan berusaha keras untuk meraihnya.
Soal 2:
Perhatikan puisi berikut!
"Cita-Citaku"
(Karya: [Nama Pengarang])
Di benakku terukir indah,
Sebuah mimpi yang begitu cerah.
Menjadi dokter, ku ingin membantu,
Menyembuhkan sakit, meringankan pilu.
Belajar giat, setiap hari,
Menggapai ilmu, setinggi diri.
Berlatih sabar, penuh empati,
Demi wujudkan, cita-cita di hati.
Pertanyaan:
a. Apa cita-cita yang tergambar dalam puisi tersebut?
b. Bagaimana cara mewujudkan cita-cita tersebut menurut puisi?
c. Jelaskan makna dari kata "terukir indah" dalam puisi!
d. Tuliskan perasaan yang kamu rasakan setelah membaca puisi ini!
Kunci Jawaban:
a. Cita-cita yang tergambar dalam puisi adalah menjadi seorang dokter.
b. Cara mewujudkan cita-cita tersebut menurut puisi adalah dengan belajar giat setiap hari, menggapai ilmu setinggi diri, dan berlatih sabar penuh empati.
c. Kata "terukir indah" memiliki makna cita-cita tersebut sangat kuat dan membekas dalam pikiran.
d. (Jawaban bervariasi, contoh: Saya merasa termotivasi untuk meraih cita-cita saya.)
2. Menulis:
Soal 3:
Tuliskan sebuah karangan singkat (minimal 5 paragraf) tentang cita-citamu! Jelaskan apa cita-citamu, mengapa kamu ingin meraih cita-cita tersebut, dan apa yang akan kamu lakukan untuk mencapainya! Gunakan bahasa yang baik dan benar.
Kunci Jawaban: (Jawaban bervariasi, perhatikan struktur karangan, penggunaan bahasa yang baik dan benar, serta isi yang sesuai dengan pertanyaan)
3. Berbicara:
Soal 4:
Bayangkan kamu sedang berada di depan kelas untuk mempresentasikan cita-citamu. Jelaskan kepada teman-temanmu tentang cita-citamu, apa yang kamu ketahui tentang profesi tersebut, dan mengapa kamu ingin menjadi seperti itu.
Kunci Jawaban: (Penilaian berdasarkan kemampuan berbicara di depan umum, kejelasan penyampaian, dan pemahaman tentang profesi yang dipilih)
B. IPA
IPA dalam tema ini berfokus pada daur hidup hewan dan pertumbuhan tumbuhan, serta bagaimana hal ini berkaitan dengan profesi tertentu.
Soal 5:
Perhatikan gambar daur hidup kupu-kupu berikut!
(Sediakan gambar daur hidup kupu-kupu: telur – larva (ulat) – pupa (kepompong) – kupu-kupu)
Pertanyaan:
a. Sebutkan tahapan daur hidup kupu-kupu!
b. Apa nama lain dari larva kupu-kupu?
c. Apa peran petani dalam menjaga keberlangsungan daur hidup kupu-kupu? (Hubungkan dengan profesi petani)
Kunci Jawaban:
a. Tahapan daur hidup kupu-kupu: telur, larva (ulat), pupa (kepompong), kupu-kupu.
b. Nama lain dari larva kupu-kupu adalah ulat.
c. Petani dapat menjaga keberlangsungan daur hidup kupu-kupu dengan tidak menggunakan pestisida secara berlebihan yang dapat membunuh ulat.
Soal 6:
Seorang petani menanam padi di sawahnya. Jelaskan proses pertumbuhan padi dari biji hingga menghasilkan beras yang siap dipanen!
Kunci Jawaban:
Proses pertumbuhan padi:
- Biji padi ditanam di persemaian.
- Setelah beberapa hari, bibit padi dipindahkan ke sawah.
- Padi tumbuh dan menghasilkan anakan.
- Padi berbunga dan menghasilkan bulir padi.
- Bulir padi berisi gabah yang kemudian dipanen.
- Gabah dikeringkan dan digiling menjadi beras.
C. IPS
IPS dalam tema ini mempelajari tentang kegiatan ekonomi, jenis-jenis pekerjaan, dan hubungan antara pekerjaan dengan cita-cita.
Soal 7:
Sebutkan 5 contoh pekerjaan yang menghasilkan barang!
Kunci Jawaban:
- Petani
- Nelayan
- Pengrajin
- Penjahit
- Pekerja pabrik
Soal 8:
Sebutkan 5 contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa!
Kunci Jawaban:
- Guru
- Dokter
- Polisi
- Montir
- Tukang cukur
Soal 9:
Jelaskan bagaimana kegiatan ekonomi seorang petani dapat mendukung cita-cita seorang anak yang ingin menjadi dokter!
Kunci Jawaban:
Kegiatan ekonomi seorang petani menghasilkan uang dari hasil panennya. Uang tersebut dapat digunakan untuk membiayai pendidikan anak, termasuk biaya kuliah di fakultas kedokteran. Dengan demikian, kegiatan ekonomi petani secara tidak langsung mendukung cita-cita anak tersebut untuk menjadi dokter.
D. SBdP
SBdP dalam tema ini berfokus pada apresiasi terhadap karya seni, khususnya lagu dan tarian yang menggambarkan profesi atau cita-cita.
Soal 10:
Sebutkan sebuah lagu yang menggambarkan profesi atau cita-cita! Tuliskan lirik lagu tersebut dan jelaskan pesan yang terkandung di dalamnya!
Kunci Jawaban:
Contoh: Lagu "Lihat Kebunku" (walaupun sederhana, menggambarkan profesi petani atau tukang kebun)
Lirik: Lihat kebunku penuh dengan bunga. Ada yang putih dan ada yang merah. Setiap hari kusiram semua. Mawar melati semuanya indah.
Pesan: Menghargai keindahan alam dan pentingnya merawat tanaman.
Soal 11:
Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang tari tradisional yang menggambarkan profesi nelayan!
Kunci Jawaban:
Contoh: Tari Nelayan dari Bali menggambarkan kehidupan para nelayan yang bekerja keras mencari ikan di laut. Gerakan tariannya menirukan gerakan mendayung perahu, menebar jala, dan menarik hasil tangkapan. Tari ini menunjukkan semangat kerja keras dan kegigihan para nelayan.
Kesimpulan
Contoh soal-soal di atas hanyalah sebagian kecil dari kemungkinan soal tematik yang dapat diberikan pada siswa kelas 4 tema 6. Guru dapat mengembangkan soal-soal lain yang lebih kreatif dan relevan dengan lingkungan sekitar siswa. Penting untuk diingat bahwa tujuan dari pembelajaran tematik adalah untuk mengintegrasikan berbagai mata pelajaran agar siswa dapat memahami konsep secara holistik dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, siswa tidak hanya belajar tentang cita-cita, tetapi juga memahami bagaimana berbagai aspek kehidupan saling berkaitan dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Selain itu, penting untuk mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan berani bermimpi besar. Dengan begitu, mereka akan termotivasi untuk belajar dengan tekun dan berusaha keras meraih cita-cita mereka.